Forum Diskusi

Issue#1.Financial  Crisis and how big deal in marketing strategy

Krisis keuangan yang melanda 3 besar industri mobil di Amerika Serikat, GM, FORD, dan Chrysler sangat mengoyangkan kondisi perusahaan korporat tersebut sampai-sampai minta dana talangan ke pemerintah tanpa bunga..dari kondisi tersebut bagaimana pendapat saudara dari aspek strategi marketing untuk bisa keluar dari krisis tersebut…dapatkah mereka bertahan untuk kelangsungan bisnisnya…silahkan memberikan pendapatnya dalam perspektif marketing and business. trims

Issue#2. Promotion in financial turbulance

Kasus krisis keuangan global juga sedang menjalar juga ke Indonesia, khususnya pada sektor perbankan nasional. Baru-baru ini 3 perbankan nasional papan atas meluncurkan program promosinya dengan gencar di berbagai media seperti televisi swasta, majalah dan harian surat kabar. Bank-bank tersebut adalah Bank BRI, Bank BCA dan Bank Mandiri., masing-masing meluncurkan program promosi yang cukup besar dari sisi biaya. Bank BRI dengan program Puting Beliungnya, Bank BCA dengan Gebyar BCA, dan Bank Mandiri dengan Mandiri Fiesta yang hadiahnya cukup menyilaukan konsumen. Pertanyaan diskusi kita kali ini adalah apakah cukup efektif perbankan nasional tersebut meluncurkan program promosinya untuk menarik konsumen baru, atau tetap mempertahankan existing consumersnya dan bagaimana menurut anda sebaiknya dalam kondisi financial turbulance.?…Silahkan peserta group mahasiswa yang mengontrak mata kuliah manajemen pemasaran dapat berpartisipasi aktif dalam forum diskusi ini. trims.

Issue#3. Marketing In Politics Issue

Pada tahun 2009 ini Indonesia akan menghadapi berbagai macam event penting diantaranya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Sebagaimana kita ketahui, setiap ada event tersebut kita bangsa dan rakyat Indonesia sangat menantikan apa yang akan berubah sebagai bagian dari events tersebut. Ada banyak peserta partai politik dalam kegiatan kali ini, sebanyak 44 partai yang terdiri dari partai lama dan partai baru yang bahkan sulit untuk mengingat dan menghafapalkan nama-nama partai tersebut. kenapa kali ini kita tertarik bicara politik, bagi kita yang sangat relevan adalah dalam perspektif pemasaran sebagaimana yang kita sedang bahas dalam mata kuliah manajemen pemasaran. Ini saya anggap adalah hal yang terkini dan akan banyak dibicarakan orang pada minggu-minggu mendatang di awal tahun ini..Berkaitan dengan ini saya ingin mengajak anda mahasiswa saya untuk membahas dalam forum diskusi ini untuk 3 sub isu sebagai berikut:

1. menurut anda bagaimana peranan pemasaran bagi partai politik dalam menjangkau dan meraih sebanyaknya konstituen.

sub isu ini dibahas oleh kel.ardan dkk, adi dkk, dan maulidin dkk

2. menurut anda bagaimana pentingnya komunikasi pemasaran bagi partai politik dalam persiapan pemilu 2009 di indonesia

sub isu ini dibahas oleh kel. ilham dkk dan delvira dkk

3. menurut anda sudah efektifkah para caleg dalam menggunakan media promosi seperti baliho, media massa, media elektronik, dan lain-lain.

sub isu ini dibahas oleh kel. Nippong dkk, Ayu, dkk dan Elfida, dkk

Silahkan dikomentari dan terima kasih atas perhatiannya

12 respons untuk ‘Forum Diskusi

  1. wina sundari(c1b007005), fivin naiza (c1b007010),khuluqon azima(c1b007018), isnamita woro(c1b007019), Ardhan fahlevi (c1b007037)... berkata:

    1. Dalam menghadapi pasar yang seperti sekarang ditengah landaan krisis global tindakan yang harus dilakukan marketer ke3 perusahaan tersebut adalah :
    a. mencari target pasar baru dengan mengadakan analisis dan riset pasar , mungkin ada baiknya ke3 perusahaan tersebut mengalihkan target pasarnya kepasar asia , karena konsumsi pasar asia akan otomotif itu tinggi .
    b. penyesuaian harga untuk pasar baru dan penyesuaian terhadap kondisi financial sekarang
    c. inovasi produk , walaupun dunia bisnis sedang dilandai permasalahan akibat krisis global namun inovasi pada produk tetatap menjadi cara jitu dalam memasarka produk kita

    2. Dengan tingkat bunga kredit yang semakin besar (diatas 15%) mebuat perputaran dana sedikit menghambat,akibat kurangnya permintaan akan kredit. Namun dengan progam yang seperti ini kami rasa kurang efektif dan efisien karena budget yang dikeluarkan untuk hadian terlalu besar . Dan belum tentu dapat menarik banyak nasabah baru. Cukup dengan menaikan suku bunga bank sudah cukup menarik nasabah baru untuk menyimpan dananya di bank, tanpa harus mengeluarkan budged besar.

  2. assalamualaikum pak…

    kami dari kelompok 5 yang beranggotakan :

    1. Muhammad Adi Fitra (C1B007038)
    2. Atmaja susilo (C1B007041)
    3. M.aditia pratama (C1B007039)
    4. Imbang farizan dwi putra (C1B006043)
    5. Afdahal junanda (C1B006037)

    dalam kasus ini kami mengambil issue#1 yang pertama :

    menurut kami 3 perusahaan besar tersebut, masih bisa keluar dari krisis tersebut asalkan perencanaan pemasaran perusahaan tersebut jelas dan tepat, yang dibutuhkan adalah :

    1.merencanakan program pemasaran
    2.mengorganisasi, melaksanakan dan mengendalikan usaha pemasaran
    3.meneliti dan memilih pasar sasaran
    4.memahami lingkungan pemasaran internasional

    tapi perusahaan juga bisa bertahan dengan model defender yang mana perusahaan akan tetap bertahan dalam menghadapi krisis tsb, kesimpulanya :

    1. pihak bertahan (defender) harus menurunkan harganya, khususnya jika pasar tidak tersegmentasi, jika pasar tersegmentasi dapat di naikan segmen-segmen yang kurang rawan

    2. pihak bertahan harus mengurangi pengeluarannya untuk distribusi

    3. pihak bertahan harus meningkatkan “feature” produknya yang kuat ketimbang berusaha meningkatkan “feature” dimana produk penyerangnya kuat

    4. pihak bertahan harus mengurangi iklan untuk membina kesadaran dan mengarahkan lebih banyak kepada iklan untuk membina posisi

    untuk sementara
    mungkin hanya ini yang bisa kami komentari
    terima kasih pak

  3. MELLANA TRIMITRA C1B007013
    M. ILHAM KURNIAWAN C1B007024
    DEBY AISYAH RJ NUR C1B007036
    MARDIANA C1B0070
    SRI SYAHANA DENOVA C1B0070

    JAWABAN:
    ISSUE 1
    Disini marketer harus bekerja lebih keras lagi dalam mengatasi masalah dalam perusahaan tersebut, dan memiliki strategi bisnis yang baik agar perusahaan itu dapat survive dalam bidangnya.mereka harus dapat melihat selera konsumen seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen,melakukan inovasi dan promosi seperti warna mobil, mesin, dan irit bahan bakar sehingga lebih menarik.
    dapat diambil contoh perusahaan otomotif ford di AS melakukan strategi dengan cara “buy 1 get 1”. maksudnya adalah bila membeli 1 mobil bisa mendapatkan 1 mobil lagi, itu dilakukan agar produksinya tidak menumpuk dan marketer juga harus melakukan promosi tentang perusahaan sehingga dapat mereduce PHK pegawai yang berdampak pada produktivitas perusahaan tersebut.

    JAWABAN :
    ISSUE 2
    Menurut kami,apa yang dilakukan oleh bank tersebut sangat efektif, sebab sekarang persaingan perbankan sangat ketat,mereka melakukan promosi besar2an tersebut bertujuan agar nasabahnya tidak lari ke bank lain dengan menawarkan hadiah yang cukup menjanjikan,dan juga dapat menarik nasabah baru yang masih memilih akan menabung pada bank mana.media elektronik sangatlah menjanjikan,karena dimana mana kita dapat menjumpainya,semua orang pasti bisa mengaksesnya.
    Selain itu,disisi lain.apabila bank itu dapat menarik nasabah agar menyimpan uangnya di bank mereka otomatis uang masyarakat dapat tersimpan dengan baik dan bisa menghindari banyaknya uang yang beredar di pasaran yang bisa menghindari inflasi.

  4. kepada para mahasiswa yang telah mengomentari isu#1 dan 2 (group adi dkk, wina dkk, dan melana dkk) saya mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan mudah2an dapat menjadikan inspirasi dalam melihat isu-isu yang terkini dalam perspektif pemasaran…dan mudah2an juga memberikan manfaat bagi kalian semua dalam menuangkan ide-ide yang kreatif lagi dari isu#1 kita ketahui dalam kondisi makro ekonomi yang tidak sehat, maka para marketer tidak dapat berbuat banyak dalam mengembangkan perusahaan dengan baik..yang ada hanya bagaimana mereka melakukan efisisensi di segala sektor. dan untuk isu#2 marketer berusaha menyakini bahwa konsumen masih bisa dibujuk untuk dapat meraih konsumen dengan banyak banyak lagi terutama konsumen untuk menyimpan dana sebanyak2 di tiga erbankan nasional terbesar sehinga kefektifan program promosi itu diluncurkan masih sangat relevan karena sebagian besar konsumen kita masih menyukai iming-iming untuk dapat meraih sesuatu..oke always success for u . trims.. yacob.

  5. elfida(cib007012)
    fasha fauziah(c1b007042)
    maya oktaria(c1b007003)
    maria qautsar hakim(c1b007014)
    misna(c1b007028)

    Selamat sore pak

    Berdasarkan topik yang Bapak berikan pada perkuliahan tadi mengenai ” efektif atau tidaknya penggunaan media baleho, media massa dan media elektronik bagi caleg untuk mempromosikan dirinya” kelompok kami menanggapi bahwa secara umum cara tersebut dikatakan efektif mengingat media sebagai pilar keempat dalam suatu negara juga mempunyai peran untuk memberi dan membentuk pandangan masyarakat terhadap citra seorang caleg sesuai dengan yang diberitakan. khususnaya untuk pemilihan caleg tahun ini yang tidak lagi menggunakan sistem nomer urut melainkan perolehan suara terbanyak, juga meningkatnya jumlah ” swing voter” atau pemilih yang belum memiliki pilihan tetap. maka promosi secara gencar melalui media sangat menguntungkan mengingat biasanya para swing voter tersebut nantinya akan memilih calon yang paling mereka tahu atau mereka ingat yaitu calon yang psling sering terlihat dimedia. selaian itu bila seorang caleg mengadakan kegiatan sosial atau kegiatan yang bertujuan untuk mengambil simpati rakyat diperlukan media untuk mempublikasikan.
    Namun jika dilihat secara lebih spesifik lagi maka efektif atau tidaknya penggunaan media tergantung dari tujuan dan target pasar media tersebut
    Seperti baleho akan lebih efektif bila ditempatkan dijalan utama yang sering dilaluai khalayak ramai dan ditujukan untuk masyarakat umum. namun penggunaan baleho hanya sebagai media untuk memperkenalkan caleg tersebut, belum bermaksud untuk membujuk.
    Sedangkan media massa atau koran lebih ditujukan kepada orang terpelajar atau yang perduli akan perkembangan terkini. namun akan lebih efektif bila seorang caleg memanfaatkan media elektronik, karena selain lebih komunikatif, TV juga memiliki power yang lebih kuat dalam membentuk perspektif masyarakat, terutama pada stasiun TV yang memiliki rating tinggi. namun sayangnya tidak semua caleg dapat menggunakan media elektronik karena memerlukan biaya yang tinggi

  6. assalamuaaikum wr. wb.
    kami dari kelompok yang terdiri dari:
    Mellana trimitra C1BOO7O03
    Deby aisyah RJ nur C1B007036
    M. Ilham Kurniawan C1B007024
    Sri syahana denova C1B007004
    Mardiana C1B007020

    akan menanggapi pertanyaan bapak tentang pentingnya komunikasi pemasaran bagi partai politik bagi persiapan pemilu 2009 di Indonesia.
    Menurut kami.
    Dalam era globalisasi sekarang ini yang menuntut partisipasi dari seluruh anggota masyarakat untuk memilih wakilnya sendiri secara langsung maka komunikasi politik dalam partai pemilu merupakan hal yang paling utama untuk menarik simpatisan masyarakat terhadap partai politik tersebut.karena dengan mengkomunikasikan partai tersebut kepada masyarakat,masyarakat akan mengenal siapa yang akan duduk di pemerintahan untuk mewakili aspirasi rakyat.dengan mengkomunikasikan partai tersebut,masyarakat bisa tau apa latar belakang,visi misi, dan tujuan dari partai.
    Dengan itu partai juga bisa menghindari adanya golput dalam masyarakat yang belum menyadari pentingnya suara mereka bagi pemerintahan.
    Ada banyak cara mengkomunikasikan para calon partai pada masyarakat.Misalnya dengan memasang iklan di media cetak dan elektronik,memasang spanduk atau pamflet dijalanan,membagikan kartu nama,atau juga bisa mengadakan hiburan yang berguna dengan memngusung partainya.tapi cara ini hanya sebatas pengenalan dan promosi untuk masyarakat,tidak bisa dipaksakan,karena semua keputusan kembali pada masyarakat yang menentukan.

  7. Ass..

    Kami dari kelompok yang beranggotakan :
    1. Ardhan vahlevi (C1B007037)
    2. Fivin naiza ismira (C1B007010)
    3. Isnamita Woro G (C1B007018)
    4. Qhuluqon azima (C1B007019)
    5. Wina Sundari (C1B007005)

    akan menanggapi pertanyaan bapak tentang Seberapa penting peran pemasaran bagi partai politik !

    Perlu diketahui jenis pemasaran tersebut ke sosil marketing yang bersifat no profit. Dalam kasus ini seberapa penting peran pemasaran bagi partai politik kami membaginya kedalam 3 golongan :
    1. Bagi partai baru tujuan utama pemasaran adalah untuk memperkenalkan partai beserta visi dan misis dari partai tersebut.
    2. bagi partai yang lama tujuan dari pemasaran tersebut untuk mengingatkan kembali partai tersebut beserta visi dan misinya.
    3. bagi partai besar tujuannya tentu untuk mengambil simpati masa yang lebih banyak bukan sekedar mengingatkan , lalu tentu dengan visi dan misi yang terkonsep serta figure pemimpin.

    Pada umumnya pemasarn pada partai sama halnya dengan pemasaran pada product ada proses pengenalan serta remaind (mengingatkan kembali)bedanya costumer parpol lebih fleksible, mudah berpindah-pindah dalam range waktu yang sangat cepat dari pada costumer pada parpol. Serta hasilnya bersifat abstrak yang berbentuk suara atau simpati.

  8. kami dari kelompok 5 yang beranggotakan :

    1. Muhammad Adi Fitra (C1B007038)
    2. Atmaja susilo (C1B007041)
    3. M.aditia pratama (C1B007039)
    4. Imbang farizan dwi putra (C1B006043)
    5. Afdahal junanda (C1B006037)

    assalamuaaikum wr. wb.
    pak…kami akan menjawab pertanyaan bapak kemarin…yaitu
    bagaimana peranan pemasaran partai politik di negara indonesia ??

    jawaban nya :

    peranan pemasaran sangat penting dalam pemasaran suatu partai politik yang tidak lain tujuan nya tidak jauh untuk mempopulerkan partai tersebut, yang dimana strategi pemasaran nya bisa kita lihat dimana-mana, tetapi masyarakat sekarang sudah pada pintar menilai yang mana partai yang bagus dan yang mana asal-asalan, masyarakat jg banyak kurang percaya kalau partai tersebut di pimpin oleh orang yang berjiwa pemimpin karena masyarakat selama bertahun-tahun sangat bosan di tipu oleh preman kelas menengah keatas yang tidak bertanggung jawab atas janji yang di berikan pada saat mereka memasarkan diri mereka kepada masyarakat, jadi sebaiknya suatu partai politik yang bijak tidak hanya mengekspos bahwa partai ku ini adalah partai tertua dan patut diperhitungkan dan didalam nya adalah orang2 yang berpengaruh di negara ini, tidak bisa begitu…suatu partai harus mencari seorang calon pemimpin yang bisa di kader kan yang benar2 berjiwa pemimpin dan bijak, tidak hanya mengandalkan nama partai…

    itu lah yang bisa kami berikan…
    mohon kalau salah dikomentari pak…
    hee…

  9. Kami dari kelompok 7 yang beranggotakan :
    Anastasia ayu (c1b007027)
    okni susanti (c1b007002)
    siska siswandani (c1b007008)
    lilia liliana (c1b007034)
    megawati (c1b007006)
    akan mencoba menjawab issue point ke 3,,

    menurut kelompok kami,,dilihat dari segi komunikasi yang mereka lakukan efektif, karena melalui baliho, media massa serta media elektronik secara tidak langsung memasarkan mereka agar dikenal oleh masyarakat,,
    tetapi itu semua mempunyai kekurangan,jika dilihat dari segi pendekatan mereka ke masyarakat.
    mereka menganggap semua itu sudah cukup untuk menjadi pegangan masyarakat dalam memilih mereka sebagai caleg.,,
    tetapi mereka tidak cermat melihat keadaan masyarakat sekarang ini ,,masyarakat sekarang ini sudah mulai lebih cemat dan teliti dalam memilih,,
    terkadang beberapa dari para caleg hanya mencantumkan foto dan perwakilan partai apa mereka,,mereka tidak secara jelas memaparkan latar belakang mereka serta visi dan misi mereka seumpamanya mereka dipilh nantinya,,
    caleg pun di ibaratkan artis,,kalau artis yang sudah pamor dan banyak dikenal masyarakat,,mungkin mereka tidak mengalami kesulitan untuk melakukan pendekatan ke dalam masyarakat,,
    tetapi tidak sama dengan para caleg baru yang baru pertama kali terjun ke dunia politik dan mencalon sebagai caleg,,
    hal yang kami paparkan diatas harus dipertimbangkan secara cermat,,sehingga masyarakatpun tidak lagi ragu-ragu dalam memilih mereka nantinya sebagai caleg.

  10. kami yang beranggotakan :
    m. maulidin ion p.
    nova yodian
    shinta maria
    zulinardi
    yeri saputra

    akan menjawab pertanyaan diskusi yang bapak berikan point pertama,,,menurut pendapat kami peranan pemasaran sangat penting dalam partai politik. karena untuk mengadaptasikan dana yang ada untuk promosi dan kegiatan partai,,serta target promosi yang ditujukan agar nanti jalan promo partai stabil dan dapt mempengaruhi target yang ditujukan agar promosi yang dilakukan tidak sia-sia,,
    tujuan dilakukannya promo yang dilakukan terbagi 2 yaitu:
    1. promo dari tokoh masyarakat
    2. promo masyarakat di sekitarnya

  11. Kami dari kelompok 8 MM UNJA Angkatan 8 yang beranggotkan

    Fikri
    Wiwied Handayani
    Wiwin Alawiyah

    berikut akan menjawab pertanyaan no. 3 :

    Baliho, media massa, media elektronik efektif dalam memperkenalkan caleg pada masyarakat karena dengan adanya media tersebut sedikit banyak akan memperkenalkan wajah, nama dan partai yang mengusung caleg tersebut pada masyarakat.

    Dengan intensitas penayangan tinggi, iklan yang ngencar di media massa/elektronik serta penempatan baliho yang menyebar diberbagai kelurahan dan iklan atau gambar yang menarik akan memancing minat masyarakat yang tadinya awam menjadi tertarik pada caleg tersebut.

    Namun jika ditanya apakah baliho, media massa dan media elektronik efektif mendongkrak suara caleg dalam pemilu bulan april besok, saya rasa tidak karena sejak tumbangnya orde baru tahun 1998 hingga sekarang, masyarakat sudah bosan dengan janji-janji “poli-tikus” yang hanya mengumbar janji-janji manis saat kampanye namun ketika caleg tersebut menang, janji hanya tinggal janji.

Tinggalkan komentar